Struktur Kurikulum

KURIKULUM

  1. Beban dan Struktur Kurikulum

                Pendidikan Profesi Dokter Hewan berlangsung selama dua (2) semester dengan beban studi 37 sks dan struktur kurikulum adalah sebagai berikut :

 

No. Mata Ajaran Beban Studi (sks) Waktu
  Kode Nama Kuliah Praktikum (minggu)

Semester I

Program Wajib Umum

1 MNH501 Manajemen Bisnis Veteriner dan Akuatik 2 -

2

2 FAT501 Therapeutika Veteriner 2 -
3 ETH501 Etika Dokter Hewan dan Kesejahteraan Hewan 2 -
4 KHK570 Sistem Kesehatan (One Health) dan Keperawatan Hewan 2 -
Program Wajib Profesi
5 KHU501 Koasistensi Bidang Patologi - 3 3
6 BIM501 Koasistensi Bidang Mikrobiologi - 3 3
7 BIM502 Koasistensi Bidang Parasitologi - 3 3
8 KMV501 Koasistensi Bidang Kesehatan Masyarakat Veteriner - 4 6

Semester II

Program Wajib Profesi

9 BIR501 Koasistensi   Bidang Reproduksi - 4 6
10 KKH501 Koasistensi Bidang Klinik - 6 10
11 KLH502

PKL Hewan Besar

PKL Perunggasan

Taman Ternak Pendidikan

- 6              12
  Jumlah 8 29              47
  Total beban studi 37 sks  

3.2. SILABUS

1. Manajemen Bisnis Veteriner dan Aquatik

Semester : I
Jumlah sks : 2
PJMK : Budiarto, drh., MP.
Deskripsi : Manajemen Bisnis Veteriner & Aquatik diberikan kepada mahasiswa peserta PPDH dengan cara kuliah dan diskusi dua jam sebanyak 10 kali tatap muka. Materi yang diberikan meliputi kewirausahaan, pengelolaan unggas, pengelolaan hewan besar, kegiatan praktisi dan pengelolaan hewan aquatik. Evaluasi dilakukan berdasarkan hasil pemberian tugas dengan topik yang telah ditentukan.

2. Therapeutika Veteriner

Semester : I
Jumlah sks : 2
PJMK : Prof.Dr. Moh.Lazuardi,drh.,M.Si.
Deskripsi : Therapeutika Veteriner diberikan kepada mahasiswa peserta PPDH dengan cara kuliah dan diskusi dua jam sebanyak 10 kali tatap muka. Materi yang diberikan meliputi terapi obat yang dapat diresepkan pada penderita anak hewan, hewan dewasa, bunting, laktasi, hewan besar, hewan kecil, hewan eksotik dan liar, aquatik dan unggas. Evaluasi dilakukan dengan melihat kemampuan mahasiswa di dalam menuliskan resep secara rasional yaitu tepat obat, tepat dosis, tepat bentuk sediaan, tepat cara dan waktu pemberian serta tepat penderita.

3. Etika Dokter Hewan dan Kesejahteraan Hewan

Semester : I
Jumlah sks : 2
PJMK : Prof. Dr. Ismudiono, drh., MS.
Deskripsi :

Etika Dokter Hewan & Kesejahteraan Hewan diberikan kepada mahasiswa peserta PPDH dengan cara kuliah dan diskusi dua jam sebanyak 10 kali tatap muka. Materi yang diberikan meliputi sejarah profesi veteriner, pengertian etika dan hukum, etika medis veteriner, sumpah dan kode etik dokter hewan dan kesejahteraan hewan. Evaluasi dilakukan dengan cara mengukur kemampuan mahasiswa berdiskusi dalam wawasan etika medik veteriner dan kesejahteraan hewan.

  1. 4.Sistem Kesehatan (One Health) dan Keperawatan Hewan
Semester : I
Jumlah sks : 2
PJMK : Dr. Kadek Rachmawati,drh.,M.Kes
Deskripsi : Kuliah ini diberikan kepada mahasiswa PPDH dengan cara kuliah dan diskusi dua jam sebanyak 10 kali tatap muka dengan membahas tentang konsep satu sistem kesehatan (One health) yang mendiskripsikan tentang penanganan kesehatan manusia, hewan dan tumbuhan serta lingkungan, pencegahan dan pengendalian penyakit zoonosis secara terintegrasi dari berbagai disiplin ilmu: bidang ilmu kedokteran, kedokteran hewan, farmasi, kesehatan masyarakat, biologi dan lingkungan. Perawatan hewan membahas tentang 1) psikologi dan emosional pada hewan, 2) cara penanganan dan perawatan hewan kesayangan, hewan komoditas, satwa liar dan hewan coba.

5. Koasistensi Bidang Patologi

Semester : I
Jumlah sks : 3
PJMK : Arimbi, drh., M.Kes.
Deskripsi : Koasistensi Bidang Patologi diberikan kepada mahasiswa peserta PPDH selama tiga minggu. Materi yang diberikan meliputi tata cara pengambilan spesimen, teknik euthanasia dan otopsi yang benar, pembuatan preparat histopatologis. Evaluasi dilakukan dengan cara menguji kemampuan mahasiswa di dalam menentukan diagnosis penyakit hewan berdasarkan perubahan patologis.

6. Koasistensi Bidang Mikrobiologi

Semester : I
Jumlah sks : 3
PJMK : Dr. Jola Rahmahani., drh., M. Kes.
Deskripsi : Koasistensi Bidang Mikrobiologi diberikan kepada mahasiswa peserta PPDH selama tiga minggu. Materi yang diberikan meliputi isolasi, identifikasi bakteri dan virus, inokulasi pada hewan coba, deteksi antibodi, titrasi virus dan penghitungan titer virus. Evaluasi dilakukan dengan cara mengukur aktivitas mahasiswa, penguasaan materi (penyakit bakterial, viral, mikal dan immunologi), ujian komprehensif.
7. Koasistensi Bidang Parasitologi
Semester : I
Jumlah sks : 3
PJMK : Dr. Poedji Hastutik,drh.,M.Si
Deskripsi :

Koasistensi Bidang Parasitologi diberikan kepada mahasiswa peserta PPDH selama tiga minggu. Materi yang diberikan meliputi bidang Protozoologi, Helmintologi dan Entomologi.

Diagnosis penyakit protozoa meliputi (1) protozoa saluran pencernaan dengan pemeriksaan feses, bedah saluran pencernaan, usapan kerongkongan dan kerokan usus, khusus koksidiosis pada ayam dilakukan bedah bangkai dan uji biologis; (2) protozoa darah meliputi pemeriksaan ulas darah dan khusus leucocytozoonosis dilakukan bedah bangkai dan gerusan organ dalam; dan (3) Toxoplasmosis, meliputi pemeriksaan feses, uji tekan otak dan uji biologis.

Diagnosis penyakit helminth, meliputi bedah saluran pencernaan untuk identifikasi cacing, pemeriksaan feses secara natif, metode konsentrasi sedimentasi dan pengapungan. Identifikasi cacing secara natif dan pewarnaan Carmin. Koleksi cacing dengan media basah dan preparat permanen. Pemeriksaan larva dan telur cacing dari padang rumput. Perhitungan telur cacing pergram tinja untuk mengetahui derajad infeksi.

Diagnosis penyakit arthropoda karena tungau dilakukan cara pengerokan kulit pada kelinci dan ayam kampung, identifikasi secara mikroskopis. Identifikasi arthropoda penyebab penyakit pada ternak yaitu pinjal, caplak dan kutu dilakukan dengan cara pembuatan sediaan permanen dengan dan atau tanpa pewarnaan, dilanjutkan pemeriksaan secara mikroskopis. Sedangkan arthropoda yang bertindak sebagai vektor penyakit yaitu lalat dan nyamuk identifikasi dilakukan secara makroskopis dan koleksi cara basah dan kering/pinning. Evaluasi dilakukan dengan cara melihat kemampuan mahasiswa di dalam mendiagnosis penyakit parasitik.

8. Koasistensi Bidang Kesehatan Masyarakat Veteriner
Semester : I
Jumlah sks : 4
PJMK : Dr. Mustofa Helmi Effendi, drh., DTAPH.
Deskripsi : Koasistensi Bidang Kesmavet diberikan kepada mahasiswa peserta PPDH selama enam minggu. Materi yang diberikan meliputi kualitas dan mikrobiologis bahan makanan asal hewan dan produk olahannya yang berkaitan dengan keamanan pangan dan kesehatan masyarakat (selama tiga minggu di laboratorium). Konsep dan prinsip Epidemiologi, perencanaan sampling dan besaran sampel, jenis-jenis kajian penyidikan penyakit. Sistem administrasi, struktur Dinas Peternakan dan karantina Hewan (selama tiga minggu dilapangan). Evaluasi dilakukan dengan cara melihat kemampuan mahasiswa di dalam menguasai keterampilan dan pengetahuan teknis dalam ruang lingkup Kesehatan Masyarakat Veteriner.
 
9. Koasistensi Bidang Reproduksi
Semester : II
Jumlah sks : 4
PJMK : Dr. Abdul Samik, drh., M.Si.
Deskripsi : Koasistensi Bidang Reproduksi diberikan kepada mahasiswa peserta PPDH selama enam minggu. Materi yang diberikan meliputi anatomi dan fisiologi reproduksi, siklus reproduksi, hormonal reproduksi, pembuatan semen beku, inseminasi buatan, embrio transfer, pemeriksaan kebuntingan, distokia dan sterilitas. Evaluasi dilakukan dengan cara melihat kemampuan mahasiswa di dalam melakukan diagnosis reproduksi dan teknologi reproduksi.
10. Koasistensi Bidang Klinik
Semester : II
Jumlah sks : 6
PJMK : Dr.Wiwik Misaco Juniastuti,drh.,M.Kes.
Deskripsi : Koasistensi Bidang Klinik diberikan kepada mahasiswa peserta PPDH selama sepuluh minggu. Materi yang diberikan meliputi melakukan langkah-langkah diagnostik baik fisik maupun laboratoris, menegakkan diagnosis, menetapkan prognosis dan terapi penyakit hewan kecil, melaksanakan pertolongan darurat medik, pemeriksaan radiologis, anastesi dan operasi hewan kecil. Evaluasi dilakukan dengan cara melihat kemampuan mahasiswa didalam penegakan diagnosis, menetapkan prognosis dan terapi penyakit hewan kecil serta pemahaman dan kemampuan dalam melaksanakan operasi hewan kecil sesuai standar.
 
11. Praktek Kerja Lapangan
Semester : II
Jumlah sks : 6
PJMK : Dr.Trilas Sardjito,drh.,M.Si
Deskripsi : Koasistensi Bidang Praktek Kerja Lapangan diberikan kepada mahasiswa peserta PPDH selama dua belas minggu. Materi yang diberikan meliputi : melakukan keterampilan dan teknis tentang pemeliharaan sapi perah dan unggas, mengelola produksi dan reproduksi sapi perah, kesehatan ternak hewan besar dan unggas   serta mengatur manajemen pakan. Evaluasi dilakukan dengan cara mengadakan ujian setelah praktek kerja lapangan.

               

 

Hits 352